Dimulai Dari Paradigma

Untuk mampu bertindak hebat dan pada akhirnya seseorang menjadi hebat, dimulai dari cara pandang. Cara pandang yang biasa terhadap sesuatu akan membawa pemiliknya bersikap dan kemudian bertindak seperti biasa itu. Kata biasa mengacu kepada sesuatu yang pernah dan sering dilakukan seseorang atau sekelompok orang, masyarakat atau bangsa.

Seseorang mulai menuju hebat (dibandingkan dengan lingkungannya) itu terjadi manakala ia keluar dari kata biasa itu dan dengan berani mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda, yang tidak biasa. Orang seperti ini mencoba keluar dari hegemoni cara pandang yang diwariskan oleh orangtua, guru atau pengasuh mereka.Tentu, acapkali mereka harus berhadapan dengan stigma atau cap sebagai 'pemberontak', 'pembangkang' atau 'orang aneh' yang diberikan oleh orang-orang biasa yang nyaman dengan status quo dan berpikiran sempit. Terutama pemegang kekuasaan atau penangguk untung dalam situasi yang biasa itu.


Tentu, jika kita tidak puas dengan keberadaan yang ada, entah karena miskin, tidak meraih laba, tertinggal dari yang lain atau sering terkena bencana alam maupun buatan, dsb..., mulailah mencoba melihat dengan sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang. Kalau kita tetap dengan cara pandang mereka, kita akan tetap bersikap dan bertindak seperti semula dan tetap berada dalam keadaan yang tidak menguntungkan itu.
So, be different and act differetly. And you'll be yourself.

Biarkan anjing menggonggong,karena itu berarti anda tahu dimana binatang itu berada sehingga tak perlu berada dekat-dekat dengannya.Dengan begitu anda tidak perlu tergigit olehnya dan terkena virus rabies berupa penghakiman opini seperti 'tak mungkin', 'mana bisa kamu lakukan', 'dari dulu tidak pernah ada yang berhasil', atau 'emangnya kamu ini siapa?' dan berbagai ungkapan
discouraging lainnya. Ingatlah bahwa semua manusia itu unik, diciptakan tak ada yang identik satu sama lain, meski kembar satu telur sekalipun! Kalau selama ini orang lain tidak mampu melakukannya, mungkin andalah yang mampu untuk itu. U r u!

Dalam atikel 'Paradigma Baru - Binatang apakah itu?'
http://paradigma-ok.blogspot.com
disebutkan dampak hebat dari cara endang yang berdeda. Sebagai contoh jika kita melihat Afrika sebagai benua yang negatif (miskin, bodoh, tandus, penyakit dsb) maka paling banter sebagai penguasaha kita hanya bisa menjual sendal jepit yang untungnya kecil dan bekerja denan susah payah daam terik dan debu yang menyengat sambil mulut berbusa. "Itupun harus bersaing dengan banyak orang lain yang melihat Afrika seperti itu. Tapi, kalo ente melihat dengan cara yang tidak umum tadi, ente bisa berbisnis pesawat terbang disana. Jual satu saja untungnya miliaran rupiah en gak ada pesaing karena yang laen gak lihat opportunity itu. Nah mau jual berapa juta sandal jepit agar bisa untung segitu? Berapa ribu orang yang ente musti tawarin sampai meniren mulut berbusa-busa, kepanasan, kehujanan, bau, mana becek tapi gak ada ojek pula! Bisnis pesawat kan pasti di ruang mewah ber AC, ketemunya satu dua orang saja, makanan enak dan sering ditemani cewek-cewek asoy geboy! Gitu lho!" tulis blog itu.

Ada 3 paradigma baru untuk menjadi hebat:

  1. Pengalaman adalah musuh
  2. Hebat bukan monopoli orang yang bertalenta istimewa
  3. Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
Silahkan Direnungkan!

Written by : Hillon Iswanto Goa
(author of Best Seller Team Building Book "Semua Orang Bisa Hebat
& conceptor of SOBAT-Semua Orang Bisa Hebat-Training)

No Comment

Posting Komentar